Pendahuluan
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi
elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan
pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta
reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep
dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan
didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk
interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user, Bila dibandingkan
dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada
komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima
dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya
atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Guna lebih meningkatkan pemahaman akan peran laboratorium lingkungan dan
penguasaan materi yang berkenaan dengan laboratorium lingkungan di tingkat
pelaksana (kabupaten atau kota) seperti : jenis alat, materi, bahan, prosedur
kerja dan lain – lain diperlukan suatu media yang efektif yang dapat menyampaikan
informasi. Multimedia Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi
indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak
rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya
multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra
penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada
pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi
reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau,
seorang operator dapat mengirimkan hasildigitizing bau tersebut
melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa
mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis
bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan aroma. 1. Jenis jenis Konten
Multimediamultimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file)
yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video,
interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi),
digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.Menurut (Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif
menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:a. TeksTeks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk
menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe
(sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan
dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan
banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar
atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin
besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut. b. GrafikGrafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua
dimensi adalah grafik. Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D),
maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang
disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja
menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang
menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah
kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan
toilet laki-laki dan perempuan.Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari
gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa
diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh
dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan
menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi. c. AudioAudio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar
dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound
effect, back sound. d. InteraktivitasInteraktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan
dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses
berbagai macam bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia
sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan
bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau
human factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur,
yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan
satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear
terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.Green & Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode
yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu: Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape
recorder, radio.Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi,
VCR (Video cassette recorder), film.Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer. Jenis-jenis Multimedia1. Multimedia InteraktifPengguna/ user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan
kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD
interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll 2. Multimedia HiperaktifMultimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen
terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen
elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut
Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game
on line, dll 3. Multimedia Linear / SquentialMultimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus.
Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll.
sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada
interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse,
keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi
dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari
awal sampai akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV 4. Multimedia presentasi pembelajaran .Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam
proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya
Microsoft Power Point. 5. Multimedia pembelajaran mandiri.Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang
dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia
pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit
knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk
tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash. 6. Multimedia kitsMultimedia kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran
yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik
tunggal.yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR
DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas.
Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik,
kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek
kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar
kelas(logiostik). 7. HYPERMEDIAdokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual
disampan dalam komputer.contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah
web. 8. MEDIA INTERAKTIFSistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam
visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan
yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga
membuat tanggapan aktif.Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua
gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. VIRTUAL REALITAS adalah media yang dapat disulasiakn tempat di
dunia nyata Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi
umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar